Senin, 10 Oktober 2016

Contoh soal UN Ta.2014/2015 dan pembahasan



SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA
(SMA/MA IPA) TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Cermati teks berikut untuk menjawab soal 1 dan 2!
            Kita menjelma sebagai mesin dari sebuah siklus, tidak ada lagi mempunyai kepekaan  untuk melihat hal-hal di luar diri kita sendiri. Kita hanya peduli kepada diri sendiri atau golongan sendiri. Kita menjadi makhluk yang berkelompok berdasarkan kepentingan, bukan berdasarkan kebersamaan. Contoh dapat kita lihat di perumahan elite, rumah-rumah yang satu dengan yang lain dibatasi tembok tinggi dan tertutup rapat, menutup pintu buat orang di luar diri mereka. Jadi, tanpa sadar kitapun terjebak menjadi pribadi-pribadi yang hanya sibuk dengan diri sendiri, memperjelas batas antara kau dan aku.

1.      Mengapa kita terjebak menjadi pribadi yang sibuk dengan diri sendiri?
A.    Selalu menutup rapat pintu rumahnya untuk siapa saja yang datang.
B.     Sudah terbiasa melakukan kegiatan yang bernilai kebersamaan.
C.     Bnyaknya keinginan orang bertempat tinggal di perumahan elite.
D.    Sering kita memisahkan diri dari keadaan yang ada di lingkungan.
E.     Kita tidak lagi mempunyai kepekaan untuk melihat hal-hal di luar diri sendiri.

2.      Tujuan penulis sesuai isi teks tersebut adalah....
A.    melaporkan kejadian-kejadian penting yang ditemukan dalam masyarakat
B.     membandingkan kepekaan orang-orang dulu dengan orang-orang yang hidup di zaman sekarang
C.     mengingatkan perlunya rumah-rumah di wilayah elite memberi pagar pengaman rumah
D.    menggambarkan lunturnya rasa kepekaan kita terhadap masalah di luar diri sendiri
E.     menjelaskan sulitnya berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita karena kesibukan

Paragraf berikut untuk soal nomor 3 dan 4.
Bacalah dengan cermat!
            Sang mentari pun terbit dari timur, serta burung-burung sudah berterbangan ke sana ke mari seakan-akan ikut gembira. Meskipun begitu, Salman tampak murung. Harapannya hancur karena tidak dapat mempertahankan rangking satu.
            Saat proses pembelajaran akan dimulai, tanpa disangka-sangka Dewa; sahabatnya, datang bersama Anjas. Maka Salman pun geram karena si anak baru itu telah mengambil semua miliknya salman ini, mulai dari bintang kelas hingga sahabat karib. Salman tidak kuat menahankan kesabaran, ia pun tanpa berpikir panjang memukul meja dengan kuat.

3.      Keterkaitan peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah....
A.    seseorang yang sering menjadi korban kemarahan
B.     anak muda yang mudah emosional
C.     pertengkaran yang terjadi tanpa sebab
D.    perilaku anak muda yang sok tahu
E.     anak muda yang tidak sadar diri

4.      Mengapa Salman memukul meja?
A.    Anjas terlalu pendiam di kelas.
B.     Salman tidak mau duduk dekat Anjas.
C.     Salman emosi karena merasa tersaingi oleh Anjas`
D.    Salman merasa dialah yang paling hebat.
E.     Anjas dan Salman sama-sama rangking satu

5.      Cermati gurindam berikut!
Ingatkah dirinya akan mati,
Itulah asal berbuat bakti.

Maksud dari gurindam tersebut adalah....
A.    Mnegingatkan diri sendiri agar selalu berbakti.
B.     Orang yang ingat akan mati, ia akan selalu berbuat baik.
C.     Mengingatkan orang akan kematian dengan berbakti.
D.    Bila ingat akan mati, segeralah berbuat baik.
E.     Seseorang akan ingat mati asalkan ia berbakti

6.      Bacalah puisi berikut dangan teliti!
Dengan Puisi, Aku
Dengan puisi aku bernyanyi
Sampai senja umurku nanti
Dengan puisi aku bercinta
Berbatas cakrawala

Dengan puisi aku mengenang
Keabadian yang akan datang
Dengan puisi aku menangis
Jarum waktu bila kejam mengiris

Dengan puisi aku mengutuk
Nafas zaman yang busuk
Dengan puisi aku berdoa
Perkenankanlah kiranya
(Taufik Ismail)

Makna kata lambang senja adalah....
A.    di sore hari
B.     usia tua
C.     azal tiba
D.    pekerjaan selesai
E.     akhir kegiatan

7.      Bacalah puisi berikut dengan cermat

Perbuatanku

Saat ini aku menangis
di panggung,
khalayak mengekor bersedih hati
di kursi
banjir air mata melimpahi
padang komedi.
Takbir tertutup
rapat terkatup,
di balik tirai, di ruang dalam
kembali senyumku menggumam
sedihku hanya pulasan
tetapi... kutinggalkan khalayak,
menahan gelak
meratap, terisak-isak`
Ah, perbuatanku
Hanya mengail kesedihan bawahanku.
(Panca Raya)

Suasana dalam puisi tersebut adalah....
A.    senang
B.     marah
C.     bimbang
D.    takut
E.     haru
                                        
Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9.
B. Bacalah dengan cermat!
“Maafkan, Mr.Dickens. Bagi saya Raffles tetap petinggi penjajah dan itu harus juga diungkapkan walaupun hanya dalam satu kalimat. Kalau tidak bagaiman saya harus memulai drama ini? Apakah saya harus menyebut Raffles sebagai ilmuwan atau seorang peneliti yang secara suka rela datang ke Hindia Belanda untuk meneliti Candi Borobudur, Prambanan, dan meriset sastra Jawa? Apakah saya harus menyebutnya seorang turis yang tiba-tiba berhasrat melakukan penelitian karena banyak objek menarik di Hindia Belanda?”

Masih dalam suasana marah, dialog tetap berlangsung antara Sastri dan Harold Dickens tentang penjajah dan penjajahan. Mereka mempunyai pandangan berbeda tentang penjajah dan penjajahan. Paling tidak tentang refleks yang disebut sastri sebagai penjajah itu. Debat berlangsung keras sekitar lima belas menit karena Sastri berani membantah perintah Dickens. Karena Harold Dikens tetap defensif dan menyalahkan Sastri, dengan suara pelan gadis berusia 24 tahun itu menjawab.
(Pilihan Sastri Handayani, Sori Siregar)

8.      Hal positif yang terdapat pada tokoh Sastri adalah....
A.    mempertahankan pendapat dengan logis dan sopan
B.     menolak pandangan Harold Dikens meskipun benar dan logis
C.     mempertanyakan dengan terus berdebat pendapat lawan
D.    mengalah karena lawan bicara terus-menerus menyalahkan Sastri
E.     menyetujui pendapat orang lain meski berbeda dengan keyakinan sendiri

9.      Simpulan isi cerita pada kutipan tersebut adalah....
A.    Sastri berdebat dnegan Harold Dickens tentang predikat refleks sebagai ilmuwan atau penajajah di Indonesia.
B.     Harold meminta Sastri membuat naskah drama tentang refleks sebagai pahlawan yang latar Candi Borobudur dan Prambanan tetapi Sastri menolaknya.
C.     Sastri minta maaf pada Halord Dikens karena menganggap refleks sebagai penjajah dan ia tidak dapat mengubah pendapatnya tentang penjajah.
D.    Sastri marah kepada Harold Dikens karena Harold memaksakan kehendaknya menyuruh Sastri menulis naskah drama dengan refleks sebagai tokoh utama yang baik.
E.     Sastri berdebat keras dengan Harold Dikens selama lima belas menit tentang peran refleks sebagai penjajah dan perdebatan itu dimenangkan oleh Harold.

Cermati tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Penggunaan jasa penerbangan tentu berharap semua maskapai mencapai standat keselamatan excellent. Bebeda dengan bis kota yang boleh mogok di tengah jalan, bagi trasportasi udara, merusakkan mesin dan kekacauan sistem pasca lepas landas adalah dosa terbesar.
Maskapai penerbangan tidak boleh terjebak dalam perang tarif. Liberalisasi dalam pasar bebas tidak berarti kebebasan dalam mematikan pesaing dalam menerapkan tarif serendah-rendahnya. Karena kalau itu yang terjadi, dan standart keselamatan dikorbankan, maskapai penerbangan sejatinya tengah mematikan pengguna jasa dalam arti harfiah.

10.  Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah....
A.    Maskapai penerbangan harus memiliki standart keselamatan dan tidak boleh terjebak dalam perang tarif.
B.     Transportasi udara yang mengalami kerusakan mesin merupakan bencana dan dosa besar.
C.     Maskapai penerbangan tidak boleh melakukan liberalisasi dalam pasar bebas.
D.    Jika standart keselamatan dikorbankan sejatinya telah menerapkan tarif serendah-rendahnya
E.     Selama ini mesakapai penerangan terus-menerus menyeramkan bagi pengguna jasa`

11.  Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana adalah kepada....
A.    maskapai penerbangan
B.     pengusaha penerbangan
C.     pengguna jasa penerbangan
D.    pemerintah
E.     pengelola penerbangan
                            
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
Peran perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju kesejahteraan bangsa perlu perhatian khusus. Melalui peringatan Hari Ibu tahun ini diharapkan adanya peningkatan pendidikan politik dan partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan dan peningkatan peran perempuan dan lak-laki dalam membangun ekonomi kreatif yang berwawasan lingkungan. Di samping itu, diharapkan juga peningkatan peran laki-laki dan keluarga dalam penghapusan diskriminasi terhadap perempuan dan anak.

12.  Ide pokok paragraf tersebut adalah....
A.    peningkatan pendidikan politik bagi perempuan
B.     peningkatan peran perempuan dan laki-laki
C.     partisipasi seorang perempuan dalam keluarga
D.    penghapusa diskriminasi perempuan dan anak
E.     pembangunan mental perempuan berwawasan lingkungan
                
13.  Makna kreatifdalam paragraf tersebut adalah....
A.    mempunyai wawasan luas
B.     tidak ada tandingan
C.     memiliki daya cipta
D.    selalu ingin tahu
E.     hal yang bermanfaat


Bacalah kutipan Sastra Melayu Klasik berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
            ... Pemburu itu merentangkan jarinya dan membubuh umpannya berkeliling, kemudian bersembunyilah dia di balik hutan itu. Seketika datanglah sekawanan burung tekukur, adalah dalam sekawanan terkukur itu seorang rajanya. Sekalian tekukur itu singgahlah memakan umpan itu.. sekaliannya itu pun terkenalah jaring itu.
            Demi dilihat oleh pemburu itu segala tekukur sudah terkena jaring, suka citalah ia terlalu sangat serta berlari-lari datang hendak menangkap burung itu. Pada ketika itu, berkatalah raja tekukur itu kepada segala rakyatnya, “Hai kamu sekalian, dengarlah olehmu bicaraku. Sementara belum datang pemburu itu, hendaklah kamu sekalian terbangkan jaring itu, supaya kita terlepas darpada bahaya ini.”
            Demi didengar oleh segala tekukur itu akan titah rajanya, sekaliannya itu pun terbanglah ke udara membawa jaring itu.
(Hikayat Kalilah dan Damnah)

14.  Kemustahilan yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah....
A.    Sekawanan burung tekukur menerbangkan jaring yang berisi teman-temannya yang terjerat.
B.     Sekawanan burung tekukur memakan umpan yang ditebarkan pemburu di sekeliling jaring.
C.     Dalam sekawanan burung tekukur terdapat seekor burung sebagai rajanya.
D.    Raja tekukur ikut terbang bersama rakyatnya dan terjerat jaring pemburu.
E.     Seorang mempunyai pikiran yang cerdik untuk melepaskan rakyatnya dari kebinasaan.

15.  Nilai sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah....
A.    memberi makan burung-burung bebas
B.     raja ikut sengsara bersama rakyatnya
C.     menolong sesama dari kesulitan atau bahaya
D.    bersuka cita melihat jerat mengena sasaran
E.     mengecoh musuh dengan tipuan

Cermati paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!
(1)Menata pola makanan dan aktivitas fisik merupakan cara untuk menurunkan resiko stroke, termasuk rutin mengonsumsi makanan kaya potasium. (2) Buah dan sayur adalah sumber potasium yang baik. (3) Tidak sulit mendapatkan potasium karena ia terkandung dalam berbagai buah dan sayuran. (4) Hal itu diungkapkan para peneliti yang telah meriset 90.000 wanita dari usia 50 hingga 79 tahun selama 11 tahun. (5) Dengan demikian, mengonsumsi makanan kaya potasium akan membantu mengurangi resiko terkena stroke.

16.  Kalimat fakta pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor....
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

17.  Simpulan paragraf tersebut adalah....
A.    Tidak sulit mendapatkan potasium karena ia terkandung dalam berbagai buah dan sayuran.
B.     Mengonsumsi makanan yang kaya potasium dapat mengurangi resiko terkena stroke.
C.     Menata pola makan dan aktivias fisik merupakan cara untuk menurunkan berat badan.
D.    Wanita yang mengonsumsi potasium memiliki resiko gangguan ginjal sepuluh persen lebih rendah.
E.     Mengonsumsi potasium berlebihan tidak baik, terutama bagi orang lanjut usia dan penderita gangguan ginjal.

18.  Cermati penggalan biografi berikut!
Kepiawaian Idris Sardi dibentuk sejak kecil. Saat berusia enam tahun sudah meggesek biola dan minta diajari. Sang ayah masih kurang mengacuhkannya. Namun, dia terus gigih belajar menggesek biola. Pada usia delapan tahun, Idris sudah berkesmepatan belajar menggesek biola pada Nicolai Vorfolomeyeff, seorang musikus dari Rusia yang kala itu turut memimpin Orkes Radio Jakarta. Idris yang masih kelas III SD diterima Nicolai sebagai mahasiswa luar biasa Akedemi Musik Indonesia (AMI) Yogyakarta.
            Sejak masih bocah cilik dia sudah sangat sibuk. Pagi hari dia harus ke BRI, sebelum ke sekolah. Siangnya kuliah sebagai mahasiswa luar biasa AMI. Sorenya ke BRI lagi. Si bocah kecil, nan ajaib itu kian lincah bermain biola, laksana Mozart dalam komposisi. Ketika usianya sepuluh tahun, pada 1949, Idris pertama kali berkesempatan ikut dalam konser AMI, di Gedung Negara, Wakil Presiden Republik Indonesia (1972-1978) Yogyakarta. Dia menjadi rebutan tontonan yang antre menyalami sesuai pergelaran. Sang ayah baru sadar atas bakat akan melebihinya. Sadar akan hal itu, Sang Ayah makin mendorong dan mendukungnya.
            Idris tumbuh menjadi seorang musisi berbakat dan hebat. Dia sukses sebagai ilustrator dan penata musik film. Dia pun meraih beberapa penghargaan komposisi dan ilustrator musik untuk film. Idris Sardi mempunyai seorang murid yang telah sukses menjadi violis juga, yaitu Fayza Maylaffayza Wiguna. Menurut Fayza, gesekan Idris mengandung kekuatan irama yang sukar diikuti.
Keteladanan tokoh Idris Sardi pada penggalan biografi tersebut adalah....
A.    Menggunakan kesempatan belajar dengan baik sebagai pengalaman hidupnya`
B.     Mnejadi penyiar radio RRI Yogyakarta dijalaninya sejak masih kelas III SD.
C.     Bakat dan keahlian bermain bola menjadikannya meraih beberapa penghargaan di bidang musik.
D.    Kegigihannya dalam belajar membuat ia hidup suskes dan menjadi luar biasa.
E.     Gesekan biola Idris Sardi mengandung kekuatan irama yang sukar diikuti oleh murid-murid.

19.  Cermati kutipan berikut!
“Las, mereka tahu apa dan siapa kamu sebenarnya. Tapi aku tidak tahu mengapa mereka lebih suka cerita palsu, barangkali untuk menyakiti aku dan kamu. Sudahlah Las, biarkan mereka. Kita sebaiknya nrima saja. Kata orang nrima ngalah luhur wakasane.”
(Bekisar Merah, Ahmad Tohari)

Pendeskripsian watak tokoh aku yang pasrah dalam kutipan novel tersebut diungkapkan melalui ....
A.    uraian langsung pengarang
B.     ciri fisik tokoh
C.     lingkungan di sekitar tokoh
D.    perbuatan tokoh
E.     ucapan tokoh

20.  Cermati kutipan berikut!
(1)Mereka, Wartini dan Syamsu, sering bermain musik bersama-sama. (2) Wartini bermain piano dan Syamsu bermain biola. (3) Sejak kedatangan Syamsulah, Wartini mulai bermain piano kembali. (4) Sekali, malam-malam, Wartini dan Syamsu memainkan lagu Ave Maria, karangan Gounod. (5) Aku waktu itu sedang sakit kepala sedikit dan tidur saja dalam kamarku.

Latar waktu pada paragraf tersebut terdapat dalam kalimat nomor ....
A.    (1) dan (2)
B.     (1) dan (3)
C.     (2) dan (3)
D.    (2) dan (4)
E.     (4) dan (5)

21.  Cermati paragraf berikut!
(1)Pencegahan kecelakaan berlalu lintas harus dilakukan oleh pengendara. (2) Siapapun tidak pernah tahu dan tidak pernah ada yang mau celaka. (3) Salah satu cara pencegahan itu yaitu selalu berdisiplin berlalu lintas. (4) Berdisiplin berarti selalu berwaspada terhadap hal-hal yang membahayakan pengendara. (5) Contoh prilaku disiplin yaitu menggunaka atribut pengendara secara benar, mengatur kecepatan laju kendaraan, dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

22.  Cermati kalimat-kalimat berikut!
Kalimat utama: Di layar televisi muncul bakat muda yang melahirkan karya yang sangat
                           berkualitas.
Kalimat penjelas:
(1) Seluruh genre yang ditayangkan harus digarap dengan serius agar berimbang dan memenuhi selera penonton.
(2) Karya mereka banyak yang ditayangkan di sejumlah stasiun televisi.
(3) Sutradara Lasja F. Susatyo (43) yakin penonton Indonesia mampu mengapresiasi beragam tema film.
(4) Karya tersebut antara lain, Bab yang Hilang, Jalan Petang, dan Mereka Kini.
(5) Filim dokumenter sejarah Bab yang Hilang terbukti diminati penonton.                               

A.    (1), (2), dan (4)
B.     (1), (3), dan (4)
C.     (2), (3), dan (5)
D.    (2), (4), dan (5)
E.     (3), (4), dan (5)

23.  Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ....
A.    Subsidi BBM di Indonesia mengalami peningkatan sebelum tahun 2005.
B.     Tahun 2008 subsidi BBM meningkat dari tahun sebelumnya.
C.     Jumlah subsidi BBM yang paling rendah diberikan pada tahun 2009/
D.    Subsidi BBM tahun 2010 lebih tinggi dari tahun 2011/
E.     Dari tahun 2009 sampai tahun 2013 subsidi BBM selalu meningkat.

24.  Simpulan isi grafik tersebut yang sesuai adalah ....
A.    Jumlah subsidi BBM di Indonesia dalam rentang waktu 2005-2013 pada umumnya menurun.
B.     Jumlah subsidi BBM di Indonesia rentang waktu 2005-2013 mwnunjukkan angka yang tidak stabil.
C.     Dalam kurun waktu 2005-2013 terjadi dua kali penurunan jumlah subsidi BBM di Indonesia rentang waktu 2005-2013 tidak pernah mengalami penurunan.
D.    Jumlah subsidi BBM di Indonesia rentang waktu 2005-2013 setiap tahun mengalami peningkatan.

25.  Cermati kutipan novel berikut!
          “Saya tidak mengerti sekali-kali bagaimana fikiran Saleh, maka ia akan meminta berhenti dengan tidak berbicara lagi dengan familinya. Anak-anak muda sekarang snagat memudahkan segala sesuatu. Seratus dua puluh rupiah sebulan! Coba pikirkan bagaimana senangnya penghidupan anak muda yang baru berumur dua puluh tahun dnegan pendapatan sebesar itu. Tetapi itu dibuangnya saja dengan ucapan yang bukan-bukan: hendak bekerja sebagai manusia bebas; hendak mencari pekerjaan yang sesuai dengan hatinya; pekerjaan kantor yang tenang itu dikatakannya pekerjaan mesin yang mematikan semangat ...”
          “... percaya saya, bahwa ia tidak senang pekerjaan tenang dalam kantor, mengisi daftar ini, menyalin surat anu, mengantuk-ngantuk mennati pukul dua”.
(Layar terkembang, Sutan Takdir
Alisyahbana)

Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah ....
A.    Penggambaran pemberontakan prinsip seorang anak terhadap orang tuanya dalam cerpen tersebut, terasa sangat sesuai dengan apa yang ditemukan dalam kehidupan nyata.
B.     Cerita yang ini sangat sulit dicerna oleh pembaca oleh generasi zaman sekarang karena cerita yang diungkapkan berupa suatu fakta yang dibuat-buat atau di luar logika.
C.     Dalam cerita ini pengarang menggunakan bahasa yang sulit dipahami sekalipun dia sudah mencoba memaparkan suasana dalam cerita detail.
D.    Bila dicermati dengan baik isi cerita tersebut, tampak kekurangjelasan alur cerita sehingga tidak tergambar konflik yang dialami tokoh.
E.     Diksi yang digunakan dalam cerita banyak dipengaruhi oleh beberapa kata bahasa daerah si pengarang, misalnya penggunaan kata sekali-kali, tiada, dan hendak.

26.  Cermati kutipan novel berikut!
“Sembialn orang ... baru sembilan orang Pamanda guru, masih kurang satu ...,” katanya gusar pada bapak kepala sekolah. (LP:20)
Ibunda guru, mesti tahu bahwa anak-anak kuli ini kelakuannya kasar (LP:71)
“Gambar TV itu bisa dipantul-pantulkan melalui kaca, Ayahanda Guru,” kata Mahar berbinar-binar dengan ekspresi lugu. (LP:153)
“Silakan Ananda perkenalkan nama dan alamat rumah ...,” pinta Bu Mus lembut pada anak Hokian itu.
(Laskar Pelangi Andrea Hirata)

Kalimat yang tepat untuk kutipan karya sastra tersebut adalah ....
A.    Penggunaan kata sapaan terasa ‘menggelitik’ karena diucapkan lengkap dan baku dalam percakapan sehari-hari.
B.     Penggunaan sapaan dalam bahasa daerah yang tidak biasa digunakan boleh digunakan dalam karya sastra.
C.     Kata sapaan yang digunakan pada novel tersebut, sudah biasa dijumpai dalam karya sastra.
D.    Kata sapaan tersebut biasa digunakan dalam keseharian oleh masyarakat Belitung baik dalam situasi resmi maupun tidak resmi.
E.     Apakah benar seorang anak masih usia SD menggunakan sapaan sesantun itu kepada gurunya.

27.  Cermati penjelasan berikut!
Buku Lidah Sembilu yang ditulis oleh Damhuri Muhammad berisi enam belas cerita pendek. Isi cerita berasal dari cerita kaba (cerita rakyat sehari-hari di daerah Minangkabau), antara lain “Karnaval Pusar”, “Lidah Sembilu”, dan “Perempuan Berkerudung Api”. Cerita berkisah pada kepercayaan terhadap guna-guna, mistik, dan akhir cerita berupa akibat dari apa yang dilakukan oleh tokoh.

Kalimat resensi yang menunjukkan kelemahan sesuai dengan data adalah ....
A.    Cerita-cerita yang dibuat oleh Damhuri Muhammad adalah cerita yang sudah sangat lazim dan bermanfaat bagi pembaca.
B.     Cerita-cerita yang ditulis oleh Damhuri Muhammad tidak dapat digolongkan ke dalam sebuah kumpulan cerpen.
C.     Damhuri Muhammad adalah seorang penulis yang tergolong masih muda pengalaman sebagai penulis cerpen di dunia sastra.
D.    Kumpulan cerpen Damhuri Muhammad yang berjudul Lidah Sembiluhanya dapat dikategorikan cerita fiksi biasa karena berisi hal-hal yang dibumbui-mistik.
E.     Dapat dikatakan bahwa seorang penulis cerpen seperti Damhuri Muhammad masih memerlukan pengesahan dalam penciptaan karya sastra.
               
28.  Cermati kutipan teks drama berikut!
Anak: “Sudahlah, Bu. Sudah larut, Ibu tidur saja.”
Ibu: “Aku belum mengantuk, Tin.”
Anak: “Kepala Ibu sudah berkali-kali terbentur ke meja. Itu tandanya Ibu mengantuk.”
Ibu: “Jangan memaksa Ibu untuk tidur, Tin.”
Anak: “....”
Ibu: “Walaupun sudah larut malam, Ayahmu pasti pulang, Tin. Jika Ayah tidak pulang, pasti dari tadi memberi tahu Ibu.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks drama tersebut adalah ....
A.    Ibu nanti jatuh sakit. Tidurlah.
B.     Masih perlukah Ibu menunggu kepulangan Ayah?
C.     Tidak biasanya Ibu berjaga sampai selarut malam ini.
D.    Mari, Ibu saya pijiti supaya tidak mengantuk.
E.     Ibu harus menjaga kesehatan Ibu supaya tidak jatuh sakit.

29.  Cermati teks pidato berikut!
Hadirin yang berbahagia,
       Bencana alam terjadi di mana-mana sehingga sangat merugikan bagi manusia dan alam sekitarnya. Kita kehilangan harta benda ataupun orang-orang yang kita sayangi. Mengapa bencana alam terjadi? Apakah karena ulah manusia sendiri yang mulai kurang peduli tanpa perhitungan, pohon-pohon dijarah oleh manusia serakah, sampah dibuang di saluran-saluran air. Pembangunan dilakukan tanpa memperhatikan lingkungan. Kita tidak ingin bencana alam terjadi lagi ....


Kalimat imbauan untuk emlengkapi teks pidato tersebut adalah ....
A.    Marilah kita jaga lingkungan kita dengan bersikap lebih bijak dan peduli terhadap alam di sekitar kita.
B.     Jangan mengulang sikap-sikap yang tidak terpuji karena kita tidak ingin bencana terulang lagi.
C.     Sebaiknya kita bersatu padu menjaga dan melestarikan kekayaan bangsa dan tanah air kita.
D.    Lingkungan harus dijaga dengan baik sehingga akan memberikan manfaat kepada kita.
E.     Manusia dapat bersikap bijaksana dalam mengelola lingkungan dan berpartisipasi terhadap lingkungan sekitar kita.

30.  Cermati bait puisi berikut!
Aku memandangi dirimu
Melahap langit dengan mataku
Menyentuhkan air mata di hatimu
Mencari surga tempat di mana aku
mendengar gumam
Kerinduan yang ...
Evi Idawati


Untaian kata berima yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah ....
A.    mengait hati
B.     mengasah tatapan
C.     merajam batu
D.    meleburkan malam
E.     membebas diri

31.  Baca cermat kutipan berikut!
Lurus jalan ke Payakumbuh
Kayu jati bertimbal alan
...
Jika diri hilang harapan

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A.    Bagaimana hati takkan rusuh
B.     Bagaimana tidak akan sedih
C.     Hati ini akan selalu gundah
D.    Hati ini akan selalu sedih
E.     Bagaimana tidak akan susah

32.  Cermati topik berikut!
Topik:   Penggunaan pupuk urea menyebabkankesuburan tanah menurun.

Rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ....                                      
A.    Sejak kapan petani lebih menyukai penggunaan pupuk urea?
B.     Adakah cara lain agar tanah dapat ditanami?
C.     Mengapa penggunaan pupuk urea menurunkan kesuburan tanah?
D.    Apa yang menyebabkan penggunaan pupuk urea meningkat?
E.     Apa yang dapat dilakukan untuk menyuburkan tanah?


                           
33.  Cermati topik berikut!
Topik karya tulis:   manfaat makan sayur bagi kesehatan anak-anak

Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ....
A.    Banyak anak-anak yang tidak suka makan sayur walaupun dimasak bervariasi.
B.     Sayur dalam makanan anak sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak.
C.     Banyak ibu yang kesulitan menyuruh anak untuk makan sayur setiap hari.
D.    Sangat sulit menyuruh anak makan sayur setiap hari karena tidak enak dan membosankan.
E.     Banyak ibu yang belum memperhatikan manfaat makan sayur bagi kesehatan anak.

34.  Cermatilah kalimat topik karya ilmiah berikut!
Judul:   Ibu Guru mengoreksi karya tulis Satrio yang berjudul “pembudidayaan tanaman anggrek di lingkungan rumah”.

Penulisan judul karya tulis ilmiah tersebut yang sesuai dengan EYD adalah ....
A.    Pembudidayaan tanaman anggrek di lingkungan rumah
B.     Pembudidayaan tanaman anggrek di Lingkungan Rumah
C.     Pembudi dayaan Tanaman Anggrek Di lingkungan rumah
D.    Pembudi Dayaan Tanaman Anggrek di Lingkungan Rumah
E.     Pembudidayaan Tanaman Anggrek di Lingkungan Rumah

35.  Perhatikan kalimat berikut!
Berdasarkan iklan di harian Berita,25 Juni 2011, dengan ini saya sangat ingin melamar pekerjaan sebagai maneger perusahaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Perbaikan kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah ....
A.    mengganti sangat ingin menjadi berniat
B.     mengganti berdasarkan menjadi berkaitan dengan
C.     mengganti sangat ingin menjadi berencana
D.    mengganti sangat ingin melamar menjadi mengajukan lamaran
E.     mengganti berdasarkan menjadi sehubungan dengan


36.  Cermati ilustrasi berikut ini!
Rudi adalah seorang Sarjana Teknik Bangunan UGM. Ia menyelesaikan kuliahnya tahun 2010 dengan IP 3,8. Rudi lahir di Wamena, 25 April 1987, memiliki kemampuan merancang bangunan tahan gempa yang telah teruji. Ia mengoperasikan komputer dalam berbagai program.

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A.    Kami Rudi, seorang Sarjana Teknik Bangunan UGM yang memiliki pengalaman pemasaran perumahan ingin melamar pekerjaan di perusahaan Bapak.
B.     Saya, Rudi, Sarja Teknik Bangunan tamatan Universitas Gajah Mada, memiliki kemampuan merancang bangunan tahan gempa, mengajukan pelamaran di perusahaan Bapak.
C.     Rudi adalah seorang yang memiliki kemampuan membangun rumah tahan gempa dan bermaksut melamar pekerjaan di tempat Bapak.
D.    Saya merancang bangungan tahan gempa yang sangat dibutuhkan dewasa ini, sehingga saya ingin melamar pekerjaan karena IP saya 3,8.
E.     Saya tertarik dengan bangunan-bangunan tahan gempa sehingga berhasil memperoleh gelar Sarjana Teknik Bangunan dari UGM, dan bermaksut melamar pekerjaan di perusahaan Bapak.



37.  Cermatilah paragraf tersebut!
Saat uni globalisasi sedang memapar ke seluruh wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Proses ini sedikit banyak membawa pengaruh positif. Salah satunya adalah memperkaya kreatif dan menciptakan ruang belajar lebih luas bagi generasi penerus bangsa. Dengan demikian, mereka memiliki bekal komputeruntuk mampu menghadapi masa depan dengan baik. Orang tua juga harus memberikan stimulasidini mendukung perkembangan intelektualnya.

Perbaikan istilah yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    kreasi, kompetitif, simulator
B.     kreativitas, kompetensi, stimulator
C.     kreativitas, kompetisi, stimulus
D.    kreasi, kompetitif, stimulan
E.     kreative, kompeten, stimulus

38.  Cermati paragraf berikut!
Mencegah urbanisasi merupakan persoalan pelik ... untuk jangka panjang kita harus berani mengubah kebijakan pembangunan kita. Sangatlah perlu mengurangi kesenjangan keseimbangan kota ... desa.

Kata penghubung untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    tetapi, atau
B.     sehingga, dan
C.     karena, bahkan
D.    agar, dan
E.     juga, serta

39.  Cermati teks berikut!
Semenjak manusia mengalami planet bumi, mereka sudah sering menghadapi masalah kesehatan. Penyebab utamanya adalah faktor lingkungan mereka .... Namun, karena ilmu pengetahuan mereka ..., setiap kejadian yang luar biasa dalam kehidupannya sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat mistik. Contohnya, wabah penyakit yang melanda sebuah tempat dianggap sebagai kutukan ... dari dewa.

Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    sangat kotor, sangat kurang, amat berat
B.     cukup kotor, terlalu berat, agak berat
C.     paling kotor, sangat kurang, paling berat
D.    agak kotor, agak kurang, agak berat
E.     agak kotor, kurang sekali, lebih berat

40.  Cermati paragraf deskripsi berikut!
Matanya begitu indah. Hidungnya mancung. Kulitnya lembut dan hangat. Seluruh penampilan wajahnya membangun sebuah air muka yang bagi sebagian orang, entah mengapa, cantik sekali. Ia dianggap memesona. Selain tebal, rambutnya juga ikal bergelombang, turun sampai menutupi leher.

Kalimat yang tepat untuk menggantikan kalimat yang becetak miring adalah....
A.    Rambutnya hitam, berkilau dan tebal.
B.     Kecantikannya memesona siapa pun memandang.
C.     Rambut bagi wanita merupakan mahkota.
D.    Kecantikannya ditunjang oleh keindahan rambutnya.
E.     Perpaduan rambut dan wajah sangat serasi.

41.  Cermati paragraf berikut!
Noni tidak disukai teman-temannya. Apa yang dikerjakan oleh teman-temannya selalu dicelanya. Ada saja kekurangannya. Padahal, dirinya sendiri jika mengarjakan sesuatu kesalahannya jauh lebih besar. Akan tetapi, ia tidak pernah merasa dirinya kurang. Ketua kelas pernah menegur Noni dengan peribahasa “...”. Walaupun begitu Noni tetap tidak merasa bersalah.

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf  tersebut adalah....
A.    Kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak nampak.
B.     Dalam laut dapat diduga, dalam hati tiada yang tahu.
C.     Berjalan peliharakan kaki, berbicara peliharakan mulut.
D.    Kilat mutiara tak hilang dalam lumpur, tak pudar dalam pakaian.
E.     Tak layu jenjang dikeping, tak emas bungkul diasah.

42.  Cermati teks berikut!
Akhir-akhir ini  grup band asal Korea sedang digandrungi oleh para remaja di dunia. Grup band tersebut juga menggelar konser di Jakarta untuk mempromosikan album terakhirnya. Remaja di Jakarta menyambutnya dengan penuh antusias karena grup band ini memang sedang .... Banyak remaja yang menonton konsernya terpukau oleh penampilan mereka. Mereka memberikan apresiasi yang luar biasa sehingga album mereka terjual laris di pasaran.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah.....
A.    jatuh hati
B.     jantung hati
C.     naik daun
D.    anak emas
E.     buah bibir

43.  Cermati paragraf berikut!
Mutasi ... akan berlangsung akhir Oktober atau awal November mendatang. Sejumlah Kepala Pimpinan Daerah (SKPD), para camat, lurah, dan kepala sekolah akan mengisi pos baru. Mereka mulai sibuk ... menduduki jabatan baru.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    besar-besar, menyiap-nyiapkan
B.     membesar-besarkan, siap-siap
C.     besar-besaran, siap-siap
D.    besar-besarkan, disiap-siap
E.     dibesar-besarkan, siap-siapkan

44.  Cermati teks berikut!
Kita sudah tidak asing lagi mendengar para pemain sepak bola mancanegara mendapat gaji sangat tinggi. Bahkan, akhir-akhir ini terdengar berita yang sangat ... dunia olah raga bahwa ada seorang pemain musim panas yang pindah tim dengan harga transfer hampir satu triliun. Pemain sepak bola tersebut sangat bangga dengan ... ke salah satu klub besar tersebut. Hal itu membuat dia bermain lebih baik lagi untuk ... potensinya dalam memainkan si kulit bundar.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    dikejutkan, berpindah, berkembang
B.     dikejutkan, berpindahnya, berkembangnya
C.     mengejutkan, kepindahannya, dikembangkan
D.    mengejutkan, dipindahkannya, dikembangkan
E.     terkejut, dipindahkan, perkembangan


45.  Cermatilah paragraf berikut!
Setiap hari Minggu sudah menjadi ... Ibu untuk membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga di toko. Untuk setiap barang yang dibelinya, tidak lupa Ibu meminta ... sebagai bukti pembayaran. Ada juga yang berupa ...

Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    scedule, kwitansi, strook
B.     jadwal, seteruk, kwitansi
C.     jadual, bon, strok
D.    jadwal, kuitansi, setruk
E.     skedul, bon, kwitansi

46.  Cermati paragraf berikut!
Ekosistem di sejumlah kawasan wisata Taman Laut Nasional Bunaken (TLNB) di Manado, Sulawesi Utara, keindahannya sudah kesohor di jagad raya. Saat ini tempat itu terancam rusak. Pasalnya, sampah yang semakin hari numpuk dari sejumlah muara sungai yang sengaja dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab di kota Manado, mengalir ke Teluk Manado. Akibatnya, karang laut yang indah bersama pemandangan di dalam laut yang tidak kalah menakjubkan itu dikuatirkan akan punah. Tidak cuma itu, objek wisata ini akan sepi dari pengunjung.

Perbaikan kata bercetak miring (tidak baku) dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    bertumpuk, dikuatirkan, cuman
B.     ditumpuk, khawatir, hanya
C.     menumpuk, dikhawatirkan, hanya
D.    bertumpuk, khawatir, cuman
E.     ditumpuk, kawatir, hanya

47.  Bacalah paragraf naratif berikut!
          Begitulah ibu menggerutu setiap melihat aku mencoret-coret kertas. Aku tak kesal, tidak sekali pun. Bahkan terkadang ibu megingatkan aku ketika aku sedang menghadapi sepiring nasi. Padahal, ayah pernah berkata, jangan nasihati anak ketika sedang makan ....

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    Aku hanya diam mendengar omongan ibu.
B.     Akan tetapi, ibu tetap menasihatiku.
C.     Namun, ibu suka menasihatiku.
D.    Itu kulakukan untuk membahagiakan ibu.
E.     Ibu tidak mengerti apa yang ada dalam pikiranku.
                    
48.  Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Yang berdiri paling depan dalam deretan itu, yang berpegang pada kawat rajang loket, yang tampak seperti karung kosong dijemur di jemuran kain, adalah seorang lelaki berperawakan kurus. Pakaiannya lusuh, kotor, dan robek-robek. Bau yang tidak sedap dari keringat tubuhnyanpun menyengat. ...

Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf deskripsi tersebut adalah ....
A.    Orang yang antre di belakan menutup hidung dengan sapu tangan rapat-rapat, tidak dihiraukannya.
B.     Udara makin panas, mereka terlihat gelisah, dan raut mukanya tampak lelah sekali setelah seharian bekerja.
C.     Satu per satu menuju ke depan loket dan menyodorkan sesuatu, lalu pulang meninggalkan tempat.
D.    Mereka terlihat pula memegang sesuatu di tangan kiri masing-masing dan memegangnya erat-erat
E.     Sebentar-sebentar orang-orang melepaskan pegangannya di kawat rajang pos yang tajam dan runcing.
                                        
49.  Cermatilah kalimat berikut!
(1)   Membuat ringkasan melibatkan kerja analisis dan kerja sintesis.
(2)   Analisis dan sintesis itu saling berhubungan.
(3)   Artinya, dieari unsur-unsur kecil dulu, kemudian dirangkai menjadi kalimat dan paragraf.
(4)   Setelah menganalisis, orang akan membuat sintesis.
(5)   Jadi, untuk meringkas bacaan, kita harus menafsirkan isinya, menguraikan unsur-unsurnya, memisahkan pikiran-pikiran utamanya dan penjelasannya, kemudian menyusun ringkasan dalam beberapa paragraf.

Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf eksposisi yang padu adalah ....
A.    (1), (2), (4), (3), dan (5)
B.     (2), (3), (4), (5), dan (1)
C.     (3), (1), (2), (4), dan (5)
D.    (4), (5), (1), (2), dan (3)
E.     (5), (1), (2), (3), dan (4)
                    
50.  Cermati paragraf berikut!
Dalam pelaksanaan kegiatan Kemah Budaya Nasional, peserta dibekali materi kebudayaan yang sangat kental. Mereka berlalu-lalang dengan wajah gembira di sekitar perkemahan.Hal itu dijadikan sebagai bahan penyusunan pedoman pengenalan dan pengajaran masalah budaya.

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang bercetak miring dlam paragraf tersebut adalah ....
A.    Mereka memperoleh pendidikan kebudayaan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.
B.     Mereka diajak untuk mengamati prilaku budaya masyarakat di sekitar lokasi perkemahan.
C.     Mereka dapat memaknai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pola berpikir positif.
D.    Mereka diajak untuk peka dalam memahami permasalahan budaya di masyarakat.
E.     Mereka menjalin komunikasi yang baik di antara sesama penganut budaya nasional.











PEMBAHASAN DAN JAWABAN
BAHASA INDONESIA
UJIAN NASIONAL (SMA/MA IPA/IPS) TAHUN PELAJARAN 2014/2015

1.      Kalimat tanya (introgatif) adalah kalimat yang isinya menanyakan sesuatu atau seseorang. Jawaban yang sesuai dengan isi paragraf adalah Kita tidak lagi mempunyai kepekaan untuk melihat hal-hal di luar diri-sendiri.
Jawaban: E

2.      Tujuan penulis menyampaikan informasi tersebut kepada pembaca adalah Menjelaskan sulitnya berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita karena kesibukan.
Jawaban: E

3.      Cerpen adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang isinya merupakan kisahan pendek yang mengandung kesan tunggal, karena masalah dalam cerpen sangat dibatasi.
Cerpen memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.       ceritanya pendek, singkat, dan padat (masalahnya tunggal),
b.      habis dibaca sekali duduk,
c.       jumlah katanya kurang dari 10.000 kata
d.      beralur tunggal
e.       tidak menimbulkan perubahan nasib tokoh
f.       penokohannya sangat sederhana, singkat, dan tidak mendalam.
Keterkaitan peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari adalah anak muda yang mudah emosional.
Jawaban: B

4.      Jawaban dari kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf adalah Salman emosi karena merasa tersaingi oleh Anjas.
Jawaban: C

5.      Gurindam adalah puisi lama yang terdiri atas dua baris dalam satu bait. Kalimat baris pertama menyatakan perbuatan dan kalimat baris kedua menyatakan akibat yang timbul dari perbuatan tersebut.
Maksut dari isi gurindam tersebut adalah Orang yang ingat akan mati, ia akan selalu berbuat baik.
                                                                                                Jawaban: B   

6.      Puisi adalah ragam sastra yang terikat oleh larik dan bait. Di dalam puisi terdapat nilai-nilai kehidupan, moral, agama, kepahlawanan, dan lain-lain. Makna lambang kata senja dalam puisi tersebut adalah usiatua.
Jawaban: B

7.      Puisi merupkan karya sastra dengan pilihan kata yang penuh makna. Puisi dapat dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, ataupun berdasarkan gambar. Struktur batin dalam sebuah puisi berkenaan dengan apa yang hendak diungkapkan oleh penyair dengan perasaan dan suasana jiwanya. Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah bimbang.
Jawaban: C

8.      Perwatakan/penokohan, yaitu penggambaran watak dan sifat-sifat tokoh cerita.
Hal positif yang terdapat pada tokoh Sastri tersebut adalah Mempertahan pendapat dengan logis dan sopan.
Jawaban: A

9.      Simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan pernyataan yang lebih umum dari pernyataan-pernyataan lain dalam paragraf.
Simpulan isi cerita dalam kutipan tersebut adalah Sastri marah kepada Hrold Dikens karena Harold memaksakan kehendaknya menyuruh Sastri menulis naskah drama dengan Rafles sebagai tokoh utama yang baik.
Jawaban: A

10.  Opini adalah pendapat atau pandangan seseorang terhadap suatu masalah yang sedang berkembang. Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah Maskapai penerbangan harus memiliki standar keselamatan dan tidak boleh terjebak dalam perang tarif.
Jawaban: C

11.  Tajuk rencana merupakan tulisan dalam sebuah surat kabar atau media massa yang berisi pendapat atau pandangan dari dewan redaksi terhadap suatu permasalahan aktual. Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah kepada Pengguna jasa penerbangan.
Jawaban: B

12.  Ide pokok  adalah ide yang mendasari sebuah paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan utama. Gagasan utama sebuah paragraf dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau seluruh paragraf. Ide pokok paragraf tersebut adalah Peningkatan peran perempuan dan laki-laki.
Jawaban: B

13.  Makna kata yang berarti maksud suatu kata atau isi suatu pembicaraan atau pikiran. Makna suatu kata diartikan pula sebagai hubungan antara lambang bahasa, baik itu yang berupa ujaran ataupun tulisan dnegan hal atau barang yang dimaksudkannya. Makna kreatif dalam paragraf tersebut adalah memiliki dayacipta.
Jawaban: C

14.  Hikayat merupakan karya sastra Melayu Klasik berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, keagamaan, sejarah, kepahlawanan, geografi, maupun gabungan dari sifat-sifat tersebut.
Kebanyakan hikaya berisi cerita percintaan yang diceritakan secara panjang lebar. Selain sebagai pelipur lara (hiburan), hikayat juga dapat menjadi pembangkit semangat juang.
Ciri-ciri hikayat adalah sebagai berikut:
1)      Termasuk sastra lama (cerita kuno) berbentuk prosa.
2)      Ditulis dalam bahsa dan struktur ejaan Melayu.
3)      Ceritanya berkisar di seputar istana (istanasentris)
4)      Berisi riwayat atau sejarah raja atau orang suci
5)      Menceritakan kesaktian yang mustahil.
Kemustahilan dalam kutipan hikayat tersebut adalah Sekawanan burung tekukur menerbangkan jaring yang berisi teman-temannya yang terjerat.
Jawaban: A

15.  Niali-nilai yang terdapat dalam karya sastra Melayu Klasik dapat berupa nilai budaya, nilai sosial, dan agama. Nilai sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah menolongsesama dari kesulitan atau bahaya.
Jawaban: C

16.  Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan. Termasuk di dalamnya ucapan pendapat atau penelitian orang atas suatu hal. Kalimat fakta terdapat pada nomor (4) Hal itu diungkapkan para peneliti yang telah meriset 90.000 wanita dari usia 50 hingga 79 tahun selama 11 tahun.
Jawaban: D

17.  Simpulan adalah suatu yang disimpulkan berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan berisi pernyataan yang lebih umum dari pernyataan-pernyataan lain dalam paragraf. Simpulan paragraf tersebut adalah Dengan demikian, mengonsumsi makanan kaya potasium akan membantu mengurangi resiko terkena stroke.
Jawaban: B

18.  Biografi adalah tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang. Secara umum biografi berisi narasi perjalanan kehidupan seorang tokoh, deskripsi kegiatan, dan prestasi tokoh, ekspresi gagasan, perasaan, dan pandangan hidup tokoh. Biografi mengandung nilai pendidikan atau moral bagi pembacanya. Keteladanan tokoh Idris Sardi pada penggalan biografi tersebut adalah Kegigihannya dalam belajar membuat ia hidup sukses dan menjadi manusia yang luar biasa.
Jawaban: D

19.  Novel adalah karya sastra yang menceritakan kehidupan seorang tokoh secara lengkap dengan menonjolkan watak dan prilaku tokoh-tokohnya. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh melalui:
·         Penjelasan langsung dari pengarang (tertulis)
·         Dialog antar tokoh
·         Tanggapan atau reaksi dari tokoh lain terhadap tokoh utama
·         Pikiran-pikiran dalam hati tokoh
·         Lingkungan di sekitar tokoh atau penampilan tokoh (rapi, bersih, teratur)
·         Bentuk fisik tokoh
·         Tingkah laku tokoh, tindakan tokoh, atau reaksi tokoh terhadap suatu masalah
Pendeskripsian watak tokoh aku yang pasrah dalam kutipan novel tersebut diungkapkan melalui ucapan tokoh.
Jawaban: E

20.  Latar/setting yaitu keterangan mengenai waktu, ruang atau tempat, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen atau novel. Latar waktu pada paragraf tersebut terdappat dalam kalimat nomor (4) Sekali, Malam-malam, Wartini dan Syamsu memainkan lagu Ave Maria, karangan Gounod dan nomor (5) Aku waktu itu sedang sakit kepala sedikit dan tidur saja dalam kamarku.
Jawaban: E

21.  Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat utama dapat didiidentifikasi oleh pengguna kata pokoknya..., pada dasarnya..., dengan demikian..., jadi..., dan intinya...
Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor (1) Pencegahan kecelakaan berlalu lintas harus dilakukan oleh pengendara.
                                                                                                            Jawaban: A  

22.  Kalimat yang mengandung gagasan penjelasan disebut kalimat penjalas. Penjelasan itu bisa dalam bentuk uraian-uraian kecil, contoh-contoh atau ilustrasi, kutipan-kutipan, dan sebagainya. Kalimat penjelas yang sesuai dengan kalimat utama tersbeut terdapat pada kalimat nomor (2) Karya mereka banyak yang ditayangkan di sejumlah stasiun televisi, (4) Karya tersebut antara lain, Bab yang hilang, jalan petang, dan mereka kini, dan (5) Film dokumenter sejarah Bab yang hilang terbukti diminati penonton.
                              Jawaban: D         

23.  Grafik adalah gambaran pasang surut sesuatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau gambar. Data dari tabel bisa dibuat menjadi grafik sehingga terlihat jelas gambaran tentang data tersebut. Istilah lain grafik adalah diagram. Grafik atau diagram dibuat agar dapat memberikan informasi secara tepat dan cepat tentang tingkat peerkembangan atau penurunan sesuatu yang didasarkan pada data yang akurat.
Ada tiga bentuk grafik yang biasa digunakan untuk melengkapi sebuah karya tulis, yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran. Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah Tahun 2008 subsidi BBM meningkat dari tahun sebelumnya.
Jawaban: B

24.  Grafik atau diagram dibuat agar dapat memberikan informasi secara tepat dan cepat tentang tingkat perkembangan atau penurunan sesuatu yang didasarkan pada yang akurat. Simpulan isi grafik tersebut yang sesuai adalah Jumlah subsidi BBM di Indonesia tentang waktu 2005-2013 menunjukkan angka yang tidak stabil.
Jawaban: B

25.  Esai merupakan karangan yang berisi uraian popular dan santai. Ualasan-ulasannya bersifat pribadi, akrab, dan asyik dibaca layaknya obrolan biasa. Masalah yang dibicarakan biasanya berkenaan dengan masalah sastra, filsafat, ekonomi, pilitik, hukum, sosial, kesehatan, dan lain-lainnya. Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah Diskusi yang digunakan dalam cerita banyak dipengaruhi oleh beberapa kata bahasa daerah di pengarang, misalnya penggunaan katasekali-kali, tiada, dan hendak.
Jawaban: E

26.  Kritik adalah pertimbangan baik atau buruk suatu hasil karya. Kritik selalu mempertimbangkan data atau fakta, kesimpulan, evaluasi, dan penilaian. Selain itu juga kritik harus didukung oleh intuisi penulis secara tajam dan kritis.
Pada prinsipnya menuliskan kritik berkaitan dnegan tiga aspek, yaitu:
1)      Aspek Historis, yaitu berkaitan dengan watak dan orientasi kesejahteraan
2)      Aspek Rekreatif, yaitu menghubungkan apa yang ditangkap/ yang telah diungkapkan sastrawan.
3)      Aspek Penghakiman, yaitu berkaitan dengan nilai-nilai dan kadar artistiknya, yaitu estetik (karya seni), epistemik (kebenar-benaran), normatif (arti kepentingan, keagungan, dan kedalamannya).
Kalimat kritik yang tepat untuk kutipan karya sastra tersebut adalah Penggunaan kata sapaan terasa “menggelitik” karena diucapkan lengkap dan baku dalam percakapan sehari-hari.
Jawaban: A

27.  Resensi merupakan ulasan buku yang mengungkapkan penilaian terhadap suatu karya tulis (buku) baik fiksi maupun nonfiksi. Resensi bertujuan untuk mempromosikan buku dan membantu pembaca untuk menentukan perlu tidaknya membaca buku tersebut.
Kalimat resensi yang menunjukkan kelemahan sesuai dengan data tersebut adalah Kumpulan cerpen Damhari Muhammad yang berjudul Lidah Sembilu hanya dapat dikategorikan cerita fiksi biasa karena berisi hal-hal yang dibumbui mistik.
                                                                                   Jawaban: D   

28.  Dramaadalah karya sastra yang ditulis dalam bentuk percakapan atau dialog yang dipertujukkan oleh tokoh di atas pentas di hadapan para penonton. Drama merupakan karya sastra yang bertujuan untuk menggambarkan kehidupan dengan menyampaikan pertikaian dan emosi melalui lakuan dan dialog.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks drama tersebut adalah Masih perlukah Ibu menunggu kapulangan Ayah?
Jawaban: B

29.  Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditunjukkan kepada orang banyak. Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan. Berdasarkan tujuannya, ada empat macam pidato, yaitu:
1.Pidato Persuatif, bersifat mendorong atau mengajak pendengar untuk menyetujui dan membangkitkan tindakan tertentu pada pendengarnya.
2. Pidato Informatif, bersifat memeberitahukan atau menjabarkan agar pendengar
Memahami informasi.
3. Pidato Rekreatif, bersifat menghibur agar pendengar terhibur sehingga muncul
Kegembiraan
4. Pidato Argumentatif, bersifat meyakinkan agar pendengar mengikuti pendapat yang disampaikan.
Kalimat imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah Marilah kita jaga
lingkungan dengan bersikap lebih bijak dan peduli terhadap alam di sekitar kita.
Jawaban: A

30.  Puisidalam Bahasa Inggris adalah poetry. Poetry berasal dari kata Yunani, poet yang mempunyai arti orang yang mencipta melalui imajinasinya. Puisi merupakan bentuk ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan dan merangsang pancaindra dalam susunan yang berirama dengan mengkonsentrasikan semua bahasa berdasarkan struktur fisik dan batinnya.
Untaian kata berirama yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersbeut adalah mengaithati.
Jawaban: A

31.  Pantun ada sejak zaman dulu. Pantun merupakan puisi lama yang biasanya dipakai masyarakat untuk menyampaikan sesuatu. Pantun memiliki ciri-ciri tertentu yang terkait dengan kaidah bait, rima, dan irama. Dari isinya, pantun dibedakan dalam beberapa macam, yakni pantun anak-anak, pantun nasihat, dan pantun muda-mudi. Agar lebih jelas, perhatiakan ciri-ciri pantun berikut:
1)      Memiliki 4 barus, yaitu 2 baris berisi sampiran dan 2 baris lagi merupakan isi,
2)      Berpola a-b-a-b,
3)      Setiap baris terdiri antara 8 sampai 9 suku kata,
4)      Setiap baris terdiri atas 4 kata.
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah Bagaimana hati takkan rusuh.
Jawaban: A

32.  Rumusan masalah yang berisi pertanyaan sesuai dengan tema dan latar belakang. Rumusan yang sesuai topik tersebut adalah Mengapa penggunaan pupuk urea menurunkan kesuburan tanah?
Jawaban: C

33.  Latar belakang masaah memuat alasan-alasan sebuah penelitian atau karya tulis dengan tema tertentu dibuat dan dilakukan.
Kalimat latar beakang yang sesuai dnegan topik karya tulis tersebut adalah Sayur dalam makanan anak sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak.
Jawaban: B

34.  Penulisan judul karya tulis yang benar yaitu huruf pertama pada semua kata, kecuali kata seperti di, ke, dari, dan, yang, untuk yang tidak terletak pada posisi awal kalimat. Penulisan judul karya tulis ilmiah tersebut yang sesuai dengan EYD adalah Pembudidayaan Tanaman Anggrek di Lingkungan Rumah.
Jawaban: E

35.  Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan memperoleh jabatan atau kedudukan perusahaan baik ditawarkan oleh suatu instansi atau perusahaan baik berdasarkan iklan atau mengungkap penawaran pengetahuan, keterampilan, keahlian, atau pengalaman sesuai bidangnya kepada instansi atau perusahaan.
Struktur surat lamaran pekerjaan terdiri dari:
1)      tanggal surat,
2)      lampiran,
3)      perihal,
4)      alamat penerima surat,
5)      salam pembuka,
6)      isi,
7)      salam penutup, dan
8)      nama serta tanda tangan.
Saat menulis surat lamaran, Anda harus memperhatikan penggunaan bahasa, seperti struktur, diksi (pilihan kata), kejelasan kalimat, kaitan antarkalimat, dan ejaan.
Perbaikan kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah mengganti sangat ingin melamar menjadi mengajukan lamaran
Jawaban: D

36.  Pada prinsipnya surat lamaran mengungkap pengetauan, keterampilan, keahlian, atau pengalaman sesuai bidangnya kepada instansi atau perusahaan.
Saat menulis surat lamaran, Anda harus memperhatikan penggunaan bahasa, seperti struktur, diksi (pilihan kata), kejelasaan kalimat, kaitan antarkalimat, dan ejaan.
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri yang sesuai dnegan ilustrasi tersebut adalah Saya, Rudi, Sarjana Teknik Bangunan tamatan Universitas Gajah Mada, memiliki kemampuan merancang bangunan tahan gempa, mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak.
Jawaban: B

37.  Istilah adalah kata atau kelompok kata yang pemakaiannya terbatas pada bidang tertentu, misalnya pada bidang ekonomi, bidang politik, dan sebagainya. Istilah dapat diwakili oleh rumus atau lambang.
Perbaikan istilah yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah kreativitas, kompetisi, stimulus.
Jawaban: C

38.  Kata penghubung (konjungsi) adalah kata-kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, atau kalimat dengan kalimat. Contoh; dan, tetapi, atau, dll.
Kata penghubung untuk melengkapi paragraf tersebut adalah sehingga, dan.
Jawaban: B

39.  Frasa adalah gabungan dua buah kata atau lebih yang tidak menimbulkan makna baru.
Ciri-ciri frasa, yaitu:
1.dibentuk dua kata atau lebih;
2. tidak memiliki unsur subjek dan predikat
3. masing-masing nsur tetap mempertahankan makna aslinya.
Macam-macam frasa yaitu:
a.       Frasa nominal, frasa yang berasal dari kata benda yang diperluas dengan keterangan.
b.      Frasa verbal, frasa yang berasal dari kata kerja yang ditambah dengan kata keterangan atau kata kerja.
c.       Frasa adjektiva, frasa yang berasal dari kata sifat.
d.      Frasa atrbutif, frasa yang menyatakan keterangan.
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah sangat kotor, sangat kurang, amat berat.
Jawaban: A

40.  Paragraf deskripsi adalah jenis paragraf yang menggambarkan suatu hal, baik itu benda, peristiwa, keadaan, ataupun manusia. Dengan, paragraf ini, pembaca dapat seolah-olah menyaksikan atau merasakan hal yang diceritakan itu.
Kalimat yang tepat untuk menggantikan kalimat yang bercetak miringadalah Kecantikannya ditunjang oleh keindahan rambutnya.
Jawaban: D

41.  Peribahasa adalah kalimat atau perkataan yang tetap susunannya dan biasanya mengiaskan maksud tertentu. Makna yang terkandung dalam peribahasa bukanlah makna yang sebenarnya, melainkan makna kias/ makna konotatif.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak nampak.
Jawaban: A

42.  Ungkapan adalah kata atau kolompok kata yang digunakan dalam makna khusus yang sudah diterima secara konvensional oleh masyrakat pengguna bahasa Contoh: buah tangan, buah bibir, cuci mata, kepala batu, dan lain-lain.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah naik daun.
Jawaban: C

43.  Kata ulang (reduplikasi) adalah kata yang sudah mengalami proses pengulangan, baik sebagian atau pun seluruhnya dengan disertai perubahan bunyi atau pun tidak.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah besar-besaran, bersiap-siap.
Jawaban: C
                          
44.  Kata beribuhan adalah kata yang telah mengalami pengimbuhan (afiksasi). Imbuhan atau afiks digunakan ke dalam bentuk dasar (morfem bebas) sehingga dapat menghasilkan kata baru. Dalam bahasa Indonesia, imbuhan terdiri atas:
1.         prefiks (awalan), misalnya ber-, ter-, se-, di-,
2.         infiks (sisipan), misalnya –el-, -em-, -er-,
3.         sufiks (akhiran), misalnya –kan, -an, -I, -nya,
4.         konfiks (awalan-akhiran) misalnya ke-an, pe-an, ber-an, se-nya.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah mengejutkan, kepindahannya, mengembangkan.
Jawaban: C

45.  Sudah banyak kosakata dari bahasa asing dan daerah diambil alih, diadopsi menjadi bahasa serapan. Kemudian kata itu dinaturalisasi menjadi kata Indonesia. Kegunaan kata-kata serapan adalah untuk lebih memperjelas pikiran yang terkandung di dalam kata-kata itu. Kata serapan yang tepat untuk melengkapi peragraf tersebut adalah jadwal, kuitansi, setruk.
Jawaban: D

46.  Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa atau EYD. Perbaikan kata bercetak miring (tidak baku) dalam paragraf tersebut adalah menumpuk, dikhawatirkan, hanya.
Jawaban: C

47.  Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian. Dengan paragraf ini, pembaca seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan. Dalam paragraf narasi terdapat tiga unsur utama, yaitu tokoh-tokoh, kejadian dan latar  atau ruang dan waktu.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Akan tetapi, ibu tetap manasihatiku.
Jawaban: B

48.  Paragraf deskripsi adalah jenis karangan yang menggambarkan suatu hal, baik itu benda, peristiwa, keadaan, ataupun manusia secara terperinci, sehingga pembaca dapat seolah-olah menyaksikan atau merasakan hal yang diceritakan itu.
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf deskripsi tersebut adalah Orang yang antre belakangnya menutup hidung dengan sapu tangan rapat-rapat, tidak dihiraukannya.
Jawaban: A
49.  Paragraf yang baik adalah paragraf yang memiliki kepaduan antara unsur-unsurnya, baik itu antara gagasan utama, dengan gagasan penjelasnya ataupun antara kalimat-kalimatnya.
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang memaparkan atau menerangkan suatu hal atau objek dengan sejelas-jelasnya. Paragraf eksposisi menggunakan contoh, grafik, serta berbagai bentuk fakta dan data lainnya untuk memperjelas masalah yang dikemukakan.
Urutan kalimat tersbeut agar menjadi paragraf eksposisi yang padu adalah (1), (2), (4), (3), dan (5).
Jawaban: A

50.  Katabakumerupakan kata yang pengucapannya dan penulisannya mengikuti kaidah dan aturan yang dibakukan, seperti yang ada dalam Ejaan, Yang Disempurnakan (EYD), tata bahasa baku, dan kamus. Sementara itu, kata tidak bakumerupakan kata yang cara pengucapannya dan penulisannya tidak sesuai dengan aturan yang telah dibakukan.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah Mereka diajak untuk mengamati prilaku budaya masyarakat di sekitar lokasi perkemahan.
Jawaban: B

1 komentar:

  1. The Casino Directory | JtmHub
    The Casino Directory is 바카라 a septcasino complete directory for 출장안마 casino and sportsbook operators in Ireland https://febcasino.com/review/merit-casino/ and Portugal. Jtm's comprehensive directory https://septcasino.com/review/merit-casino/ provides you with more than 150

    BalasHapus